Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris Wartawan Bali di Era 4.0

Written by on June 8, 2023

Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris Wartawan Bali di Era 4.0

Tika | Thomson News Bali

7 Juli 2023

Thomson News – Urgensi bahasa inggris di era industri 4.0 sudah tidak dapat dipungkiri lagi, tuntutan global juga semakin mendesak para jurnalis untuk mampu memberikan informasi dalam kemasan konten dengan menggunakan Bahasa International salah satunya Bahasa Inggris. Sebagai dukungan penguatan skill Bahasa inggris tersebut, LSPR Institute Bali kembali menyelenggarakan Journalism Short Course sesi 3 dengan topik “English language for Journalist.”

Acara pelatihan ini digelar di Auditorium LSPR Bali dengan antusiasme pendaftar mencapai 30 orang media di Bali. Dalam acara ini, peserta tidak hanya belajar teori namun lebih kepada praktek di lapangan saat bertemu dengan narasumber untuk melakukan wawancara, terlebih saat menuliskan berita dengan menggunakan Bahasa inggris yang baik dan benar.

Anak Agung Mia Intentilia, S.IP., MA selaku Narasumber menyatakan “Saya sangat mengapresiasi LSPR Journalism Short Courses ini yang memberikan kesempatan bagi saya untuk sharing dan membagikan tips serta ilmu untuk para jurnalis, karena Bahasa Inggris sangat penting disemua kalangan dan pekerjaan, salah satunya sebagai seorang jurnalis, karena dengan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, para jurnalis punya kesempatan untuk bisa mendapatkan informasi dari para informan yang berasal dari luar negeri, dan juga bisa memperkaya sumber sumber referensi, sehingga bisa menambah jangkauan global untuk para Jurnalis.”

Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui keahlian berbahasa asing menjadi kunci sukses untuk dapat memajukan dunia jurnalistik di Bali sebagai gate way (gerbang) International dari berbagai informasi dunia sehingga dapat meningkatkan kualitas informasi kepada masyarakat luas dan terlihat lebih professional. Ditambah lagi Bali merupakan gincu pariwisata bagi Indonesia di kancah International.

Salah satu peserta pelatihan Nova dari Media Jawa Post Tv Bali mengatakan “ini adalah kali pertama saya mengikuti Journalism Short Courses, pelatihan ini sangat baik sekali untuk kami para jurnalis dalam meningkatkan skill berbahasa asing dan mengetahui pilihan kalimat dan kata Bahasa Inggris yang tepat serta lebih sopan untuk digunakan dalam mengelola berita secara internasional dan bertemu narasumber penting”, ujarnya.

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, kami mengharapkan adanya peningkatan kualitas keahlian berbahasa asing terhadap rekan – rekan media Bali dalam mendorong kemajuan pengelolaan berita secara global. (Tik/Rls)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published.



Thomson Kebumen

Current track

Title

Artist