ROYAL CREATIVE MARKET TAK HANYA SEKEDAR MARKET JUAL BELI TAPI AJANG MENDEVELOP KREATIVITAS DAN INOVASI

Written by on December 22, 2023

ROYAL CREATIVE MARKET TAK HANYA SEKEDAR MARKET JUAL BELI TAPI AJANG MENDEVELOP KREATIVITAS DAN INOVASI

Tika | Thomson News Bali

22 Desember 2023

Thomson News – Dengan semangat menumbuhkan kolaborasi dan interaksi kreatif, Royal Creative Market (RCM) mengumumkan gelaran pertamanya yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 hingga 24 Desember 2023. Acara ini bukan hanya sebuah pameran, melainkan sebuah forum yang menghubungkan para visioner, membuka pintu bagi inspirasi untuk mengalir dari satu pikiran kreatif ke pikiran lainnya.

Mengusung tagline ‘creative minds inspire others’ sebagai landasan utama, Royal Creative Market menjadi panggung di mana pelaku usaha dan pembeli bersatu untuk menggugah ide-ide baru, membangun jaringan yang kokoh, dan menjalin transaksi yang tidak hanya menghasilkan produk, melainkan juga menghadirkan pengalaman yang memukau.

Hadir dalam event yang berlangsung Jumat, 22 Desember 2023 di Royal Cassa Ganesha ubud yaitu Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Bali Tjokorde Bagus Pemayun, Ketua Kreatif Market Cintya Limanau, Ketua Forum Dewi Made Mendra Astawa.

Dalam Sambutannya, Kadispar Propinsi Bali Cok Bagus Pemayun menyampaikan pembukaan Royal Creative Market adalah event yang menampilkan karya karya seni lokal kerajinan pangan. Ia mengaku Sangat mengapresiasi event yang luar biasa ini dan berharap event ini menjadi Event tahunan . ” Saya harapkan panitia bisa info tanggal dan bulan akan diadakan event ini kembali tahun depan dan panitia diharapkan untuk bisa mengevaluasi Agar event ini bisa menjadi lebih baik kedepannya,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Cok Pemayun, Pengambilan tag line nya juga dinilai sangat bagus yaitu “creative minds inspire others” dimana event ini harus ada yang membedakan venue nya dari event yang lain nya dan bisa berbasih budaya.

Ketua panitia Creative market Cintya Limanau mengatakan RCM bukan hanya sekedar market seperti orang yang sedang membeli menjual tapi kedepannya ingin menjadi tempat para penjual mendevelop kreativitas mereka saat mereka membuat satu karya.. ” selama ini sy melihat bahwa memang kebutuhan dari bagaimana mereka mempunyai kemampuan utk lebih mengerti digital marketing karena yang kita tau sepertinya mereka cukup puas dengan apa produk yang mereka padahal kedepannya kita bisa lebih daripada itu dengan basic yang sudah mereka punya. Saya tidak mau mereka hanya puas dengan produknya itu saja dengan berkata yang penting laku. Harus bisa kreatif dan berinovasi karena kedepan akan ada produk yang sama yang bisa lebih baik dari produk mereka, ” ujarnya. Ia berharap para penjual bisa lebih mengembangkan dan berinovasi bagaimana membuat produk lain lagi.

Sementara Made Mendra Astawa juatru menilai jika UMKM dipaksa untuk lahir di tengah pandemi bagaimana ibu rumah tangga, orang orang yang tertekan ekonominya dipaksa bangkit dengan segala keterbatasan dan ujung ujungnya yang dilawan adalah market baru, nasional international dan barang yang sudah ada. ” Disini jelas terlihat bagaimana gigihnya UMKM dan salah satu pahlawan dimasa pandemi dan akan datang ketika kita mencintai UMKM dan hasilnya di beli oleh masyarakat ekonominya akan berputar. Event ini tidak hanya berbicara bagaimana kita dapat uang hari ini tetapi kita akan memberikan padangan bagaimana kita bisa kreatif karena produk di luar sana persaingannya cukup ketat,” kata Mendra.

Selain sebagai ajang interaksi para insan kreatif di Bali, Royal Creative Market juga akan menjadi panggung bagi pertunjukan musik yang akan menampilkan berbagai genre dari musisi terkemuka Bali. Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan bagi komunitas disabilitas untuk tidak hanya menampilkan karya mereka di Panggung, namun juga mempresentasikan produk-produk karya mereka, menjadi wujud nyata dari inklusi dan kesempatan yang sama.

Sustainability Corner juga menjadi salah satu pusat utama dalam acara ini, untuk menandakan kepedulian Royal Creative Market terhadap lingkungan. Ini akan menjadi tempat informasi dan edukasi tentang praktik berkelanjutan yang ramah lingkungan, menegaskan komitmen mereka dalam menciptakan lingkungan yang sehat bagi masa depan yang lebih baik.(Tik)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published.



Thomson Kebumen

Current track

Title

Artist