HARGA KEDELAI MAHAL, CEK 6 MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN

Written by on February 4, 2022

Harga Kedelai Mahal, Cek 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Oleh Thomson Bali

Harga kedelai mengalami kenaikan. Hal ini tentu berimbas ke masyarakat Indonesia yang hampir semuanya gemar makan tahu dan tempe. Maklum saja, dua makanan ini terbuat dari kacang kedelai. Kedelai juga kaya manfaat. Memiliki gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kedelai termasuk jenis kacang-kacangan dan mengandung protein yang tinggi, lemak jenuh, serat, antioksidan, asam lemak Omega-3, dan fitoestrogen.

 

Berikut beberapa manfaat kedelai untuk kesehatan.

 

1. Meringankan gangguan tidur Menurut ahli kesehatan, kedelai dapat membantu mengurangi insomnia dan gangguan tidur lainnya. Sebab kedelai mengandung magnesium dalam jumlah tinggi yang terkait dengan peningkatan kualitas, ketenangan, dan durasi tidur Anda. Dilansir dari Healthyfy Me, kedelai juga memiliki senyawa yang mirip estrogen yang membantu wanita pascamenopause agar mendapatkan tidur yang berkualitas.

 

2. Membantu mencegah diabetes Beberapa penelitian menyebutkan kedelai memiliki kemampuan untuk meningkatkan reseptor insulin dalam tubuh. Hal ini tentu bisa mencegah diabetes. Selanjutnya, kandungan karbohidrat dalam kedelai juga sangat rendah yang menjadikannya makanan anti-diabetes yang sangat baik.

 

3. Memperkuat tulang Kedelai memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi. Tingkat seng, selenium, tembaga, magnesium, dan kalsium dalam kedelai membantu menjaga tulang lebih kuat dan sehat.

 

4. Mengontrol berat badan Dilansir dari berbagai sumber, kedelai dipercaya bisa menekan nafsu makan dan meringankan risiko obesitas.

 

5. Mengurangi risiko cacat bawaan Kedelai kaya akan vitamin B kompleks, terutama asam folat. Asam folat membantu tubuh membuat sel darah merah yang sehat dan mencegah anemia. Ini juga penting untuk mempertahankan pembelahan dan pertumbuhan sel yang cepat selama masa bayi dan kehamilan. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan kelahiran bayi dengan berat badan kurang dan juga menyebabkan cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

 

6. Melindungi dari risiko kanker payudara dan prostat Jika Anda mengonsumsi banyak kacang kedelai saat kecil, kemungkinan mengalami kanker payudara dan prostat kecil. Dilansir dari WebMD, para ilmuwan yakin bahwa isoflavon, fitonutrien dalam kedelai, dapat membantu mengecilkan risiko tumbuhnya tumor kanker.


Continue reading

Thomson Kebumen

Current track

Title

Artist