Pentingnya Mengenalkan Karir Sejak Dini

Written by on February 4, 2022

Pentingnya Mengenalkan Karir Sejak Dini

Eka dan Johan | Thomson Network

Karir dan pekerjaan merupakan dua hal yang berbeda. Karena karir merupakan hal yang kita miliki dan pekerjaan merupakan sesuatu yang bukan kita miliki. dapat diartikan bahwa karir merupakan cita-cita, ambisi, dan tujuan hidup jangka panjang yang dimiliki seseorang dengan menekuni suatu bidang. Sedangkan kerja atau pekerjaan merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk mencapai apa yang kita kehendaki, serta demi mendapatkan uang secara rutin untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan sehari-hari.

 

Mengenali Passion anak boleh jadi sebuah langkah awal menentukan karir. Oleh sebab itu,karir penting kita kenalkan sejak dini. Jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) merupakan jenjang yang tepat dalam mengenalkan karir karena ini adalah masa peralihan bagi anak muda. Dengan mengenalkan karir sejak dini akan membantu anak ketika beralih dari jenjang SMP ke jenjang yang lebih tinggi, dimana ini membuat anak dapat lebih mantap dalam menentukan pilihan kedepannya.

 

Penting diketahui para orang tua bahwa layaknya seorang anak, Karir pun memiliki tahapan perkembangan. Terdapat tiga tahap yaitu, tahap Fantasi dengan rentang usia 0 – 11 tahun, ini fase dimana anak belum dapat memilih atau menentukan pekerjaan mereka karena mereka belum mengetahui bakat, minat dan potensi mereka, maka penting orang tua untuk mulai menggali minat dan bakat anak di fase ini. Selanjutnya ada tahap Tentative dengan rentang usia 12 – 18 tahun. Di fase ini, anak sudah menyadari bahwa mereka memiliki minat dan kemampuan yang berbeda satu sama lain, penting bagi orang tua untuk membimbing dan mengarahkan anak dalam menentukan pilihan karir kedepannya. Dan yang terakhir ada tahap Eksplorasi dengan rentang usia 19 – 25 tahun. Ini merupakan usia dewasa muda, kebanyakan mereka yang di fase ini sudah bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

 

Pengenalan karir merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan jenis pekerjaan apa yang akan ditekuni sepanjang hidup. Oleh karena itu, sejak usia dini para orang tua bisa ikut serta dalam menjelaskan masalah karir bagi anaknya agar mereka dapat menentukan pilihan mereka sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya tanpa ada paksaan dari orang tua. Dan disamping hal itu, orang tua juga harus mendukung keputusan anaknya dalam pemilihan karir, karena karir bersifat sesuatu yang kita kerjakan dalam jangka panjang dan sepanjang hidup. Selain itu, pengenalan karir sejak dini dapat mengurangi resiko salah memilih pekerjaan hanya karena pekerjaan tersebut tidak berada di passion mereka. Oleh karena itu, pengenalan karir sangat penting kita kenalkan bagi anak – anak untuk membantu mereka dalam menentukan pekerjaan.

 

Lebih jelas Sahabat ThomsOn bisa mengunjungi kanal YouTube kami, disana tersedia video kita tentang Pengenalan Karir Untuk Siswa SMP.

 

Penyunting : Bhajanti Eka Maytri, Johan Axel Pariury


Thomson Kebumen

Current track

Title

Artist